Tanggal 8 September 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Upacara Peringatan HMKG Ke-77: Lanjutkan Sinergi, Kolaborasi, dan Inovasi

BMKG Provinsi Banten > Berita > Upacara Peringatan HMKG Ke-77: Lanjutkan Sinergi, Kolaborasi, dan Inovasi

Daftar Isi

Tangerang Selatan (22/07) – Upacara Peringatan Hari Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ke-77 Tahun 2024 diselenggarakan pada tanggal 22 Juli 2024 di Halaman Kantor Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II. Kegiatan upacara dipimpin oleh Kepala Balai Hartanto dan dihadiri oleh Kepala UPT MKG di Provinsi Banten dan Jakarta, serta para pegawai.

 

Dalam sambutannya, Hartanto menyampaikan bahwa usia ke-77 mencerminkan perjalanan panjang BMKG dalam memberikan layanan terbaik untuk keselamatan dan kesejahteraan bangsa. Sejak didirikan, BMKG telah melalui berbagai fase perkembangan, baik dari segi teknologi, metode analisis, hingga sumber daya manusia yang semakin profesional dan berdedikasi.

 

Layanan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan bangsa. “Dengan menggunakan sistem pemantauan cuaca yang canggih, BMKG dapat mendeteksi dan memprediksi perubahan cuaca dengan akurasi yang tinggi, memprediksi El Nino yang tepat waktu sehingga memungkinkan pemerintah dan masyarakat dapat mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, dan sistem pemantauan gempa bumi dan tsunami yang terintegrasi, BMKG mampu memberikan peringatan dini yang efektif, memungkinkan masyarakat untuk melakukan evakuasi dan menyelamatkan diri dari potensi bencana” ungkap Hartanto.

 

Tak terkecuali untuk generasi muda, Hartanto menyampaikan besarnya peluang emas bagi generasi muda BMKG untuk pengembangan diri dalam pendidikan melalui program beasiswa baik dalam dan luar negeri. Generasi muda BMKG dapat menjadi pilar utama dalam inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan menuju Indonesia Emas 2045.

 

Sebagai penutup, Hartanto mengajak seluruh pegawai untuk maju bersama sesuai dengan tema HMKG ke-77 yaitu “BMKG Dukung Nusantara Baru untuk Indonesia Maju”. Harapan besar bagi BMKG untuk terus melanjutkan sinergi dan kolaborasi, serta tidak berhenti berinovasi untuk memberikan layanan informasi yang bermanfaat dan terbaik bagi bangsa dan negara.

Bagikan Berita ini melalui :