Tanggal 28 Februari 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Momentum Tahun Baru: BBMKG Wilayah II Ingatkan Masyarakat Banten Waspada Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

BMKG Provinsi Banten > Siaran Pers > Momentum Tahun Baru: BBMKG Wilayah II Ingatkan Masyarakat Banten Waspada Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Daftar Isi

Berdasarkan monitoring Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II, kondisi cuaca dan iklim di wilayah Provinsi Banten menunjukkan adanya signifikansi dinamika atmosfer yang berdampak pada potensi peningkatan curah hujan. Masyarakat Banten yang sedang melalui momentum pergantian tahun baru diminta mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat. Hal ini ditegaskan Hartanto, Kepala BBMKG Wilayah II, Minggu (31/12).

“Beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Provinsi Banten. Misalnya daerah pertemuan angin atau konfluensi yang terpantau berada di Samudra Hindia barat daya Banten dan Laut Jawa. Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan” terang Hartanto.

Lebih lanjut, Hartanto menjelaskan bahwa Gelombang Equatorial Rossby (ER) terpantau aktif di sebagian wilayah Pulau Jawa, termasuk didalamnya Provinsi Banten. Anomali positif Suhu Muka Laut di wilayah Selat Sunda dan Laut Jawa hingga 2oC menjadi sumber uap air dalam pembentukan awan hujan. Fenomena Madden Julian Oscillation (MJO)  diprediksi akan masuk ke wilayah Indonesia bagian Barat pada Dasarian I bulan Januari 2024 dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Provinsi Banten. Selain itu, labilitas lokal yang kuat untuk mendukung proses konvektif skala lokal di Sebagian besar wilayah Provinsi Banten.

“Berdasarkan analisis potensi dinamika atmosfer di atas, sebagian wilayah yang perlu diwaspadai untuk potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Kabupaten Lebak bagian Timur dan Selatan, serta Kabupaten Pandeglang bagian Barat dan Utara pada periode tanggal 31 Desember 2023. Selain itu, periode tanggal 1 Januari 2024 meliputi Kabupaten Lebak bagian Timur, Pandeglang bagian Barat, Kabupaten Serang bagian Utara, serta Kabupaten Tangerang bagian Utara” kata Hartanto.

Berturut-turut selanjutnya, periode tangal 2 Januari potensi hujan sedang hingga lebat pada sebagian besar wilayah Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak bagian Timur dan Selatan. Periode tanggal 3 Januari 2024 hanya Kabupaten Lebak bagian Timur, dan periode 4 Januari  meliputi wilayah Kabupaten Pandeglang bagian Utara dan Kabupaten Lebak bagian Selatan. Periode tanggal 5 Januari meliputi wilayah Kabupaten Lebak bagian Selatan dan Kabupaten Pandeglang bagian Selatan, dan periode tanggal 6 Januari wilayah Kabupaten Pandeglang bagian Selatan dan Kabupaten Lebak bagian Selatan.

“BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem selama periode NATARU 2023/2024. Kita harus memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan. Selain itu, masyarakat disarankan melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol hingga program penghijauan lebih masif” harap Hartanto.

Selain hal tersebut, Hartanto menghimbau berbagai pihak untuk melakukan pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh serta menguatkan tegakan atau tiang, serta papan reklame agar tidak roboh tertiup angin kencang. Penting juga menggencarkan sosialisasi, edukasi, dan literasi secara lebih masif untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian Pemerintah Daerah, masyarakat serta pihak terkait dalam pencegahan atau pengurangan risiko bencana hidrometeorologi, misalnya banjir, longsor, banjir bandang, angin kencang, puting beliung, dan gelombang tinggi.

“Koordinasi, sinergi, dan komunikasi antar pihak terkait untuk kesiapsiagaan antisipasi bencana hidrometrorologi harus lebih diintensifkan. Berbagai pihak diharapkan terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG” tutup Hartanto.

 

Tangerang Selatan, 31 Desember 2023

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II

Website: www.bbmkg2.bmkg.go.id
Instagram: @bmkgwilayah2
Twitter: @bmkgwilayah2
Facebook: Balai Besar MKG Wilayah II
Youtube: Balai Besar MKG Wilayah II @bmkgwilayah2
Tiktok: bmkgwilayah2

Bagikan Siaran Pers ini melalui :