Tanggal 24 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Tingkatkan Literasi Cuaca, Iklim, dan Gempabumi: BBMKG Wilayah II Menerima Kunjungan Siswa-Siswi SMP Islam Terpadu Asy Syukriyyah Kota Tangerang

BMKG Provinsi Banten > Berita > Tingkatkan Literasi Cuaca, Iklim, dan Gempabumi: BBMKG Wilayah II Menerima Kunjungan Siswa-Siswi SMP Islam Terpadu Asy Syukriyyah Kota Tangerang

Daftar Isi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memiliki sejumlah program literasi yang menyasar pada peningkatan ilmu pengetahuan dan wawasan terkait cuaca, iklim dan gempabumi, salah satunya di kalangan pelajar. Hal ini ditegaskan oleh Sutiyono, S.Si, Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah II dalam sambutannya saat menerima kunjungan SMP Islam Terpadu AsySyukriyyah Kota Tangerang, Selasa (19/9).

“Dengan adanya kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan keingintahuan para pelajar terhadap BMKG beserta tugasnya, untuk mempersiapkan generasi yang cerdas, siap, dan tangguh dalam menghadapi bencana alam yang disebabkan oleh faktor cuaca, iklim, gempabumi dan tsunami”, lanjut Sutiyono.

Sementara itu, dalam sambutannya Wakil Kepala SMPIT AsySyukriyah, Irwansyah, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BBMKG Wilayah II yang telah mengizinkan siswa-siswinya melakukan kunjungan guna menambah pengetahuan dan wawasan mengenai ilmu Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

“Kunjungan ini diharapkan mampu mendekatkan anak-anak dengan pengetahuan dasar terkait cuaca, iklim dan gempabumi sehingga anak-anak secara sadar dapat lebih mencintai dan menjaga bumi yang kita tinggali ini”, jelas Irwansyah.

Kegiatan kunjungan yang diikuti oleh 125 siswa-siswi Kelas VII SMP Islam Terpadu AsySyukriyyah Kota Tangerang dan 20 guru pendamping, terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, penyampaian materi mengenai ilmu Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dari para senior Forecaster di bidangnya.

Selanjutnya pada sesi kedua, para siswa diarahkan menuju ke tempat dilakukannya pengamatan, pengolahan, analisis dan penyimpanan data cuaca, iklim, gempabumi yang ada di lingkungan BBMKG Wilayah II. Pada sesi ini, para siswa diberikan penjelasan singkat mengenai tugas pokok dan fungsi masing-masing ruangan.

Tempat-tempat tersebut antara lain Taman Alat untuk diberikan edukasi mengenai berbagai alat yang digunakan dalam melakukan pengamatan cuaca dan iklim; Ruang Manajemen Data untuk diperkenalkan mengenai proses pengumpulkan dan pengarsipan data-data hasil pengamatan; Ruang MCEWS (Meteorological and Climate Early Warning System) sebagai tempat pengolahan dan analisis data guna memproduksi informasi cuaca dan iklim yang akan disebarkan ke masyarakat; Ruang TEWS (Tsunami Early Warning System) yang merupakan tempat pemantauan segala aktivitas gempa tektonik; dan Ruang Instrumentasi dan Kalibrasi sebagai tempat melakukan maintenance dan kalibasi alat-alat pengamatan cuuaca dan iklim.

Kegiatan ditutup dengan sesi foto dan makan bersama di Ruang Aula BBMKG Wilayah II. Setelah itu para siswa dan guru pendamping berpamitan untuk kembali ke SMP Islam Terpadu AsySyukriyyah Kota Tangerang.

Bagikan Berita ini melalui :