Tanggal 23 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Peningkatan Keterampilan Petani Jeruk: Stasiun Klimatologi Jawa Tengah Selenggarakan Sekolah Lapang Iklim

BMKG Provinsi Banten > Berita > Peningkatan Keterampilan Petani Jeruk: Stasiun Klimatologi Jawa Tengah Selenggarakan Sekolah Lapang Iklim

Daftar Isi

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani, Stasiun Klimatologi Jawa Tengah selenggarakan Sekolah Lapang Iklim (SLI), Jumat (28/7). Acara yang dihadiri Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II ini dilaksanakan di Kantor Balai Desa Bringin, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo.

Acara ini secara seremonial dibuka oleh Kepala BMKG, I Prof. Ir. DWIKORITA KARNAWATI, M.Sc., Ph.D, serta dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Bupati Purworejo, Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Komisi V DPR RI, Kapolsek, serta jajaran SKPD Kabupaten Purworejo. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan petani dalam memanfaatkan informasi iklim guna melakukan antisipasi dan adaptasi terhadap dampak kejadian iklim ekstrim, khususnya petani jeruk.

Selain pemaparan materi, kegiatan ini juga menerapkan metode Learning by Doing, yakni setiap peserta menyampaikan masalah yang ditemui di lapangan kepada rekan atau PPL. Nantinya, mereka akan mendapatkan dan menerapkan solusi yang efektif di lapangan terkait pertanian komoditas buah jeruk.

Bagikan Berita ini melalui :