Tanggal 13 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Peningkatan Keterampilan Masyarakat: Stasiun Klimatologi Klas II Kalimantan Barat Selenggarakan Sekolah Lapang Iklim

BMKG Provinsi Banten > Berita > Peningkatan Keterampilan Masyarakat: Stasiun Klimatologi Klas II Kalimantan Barat Selenggarakan Sekolah Lapang Iklim

Daftar Isi

Dalam rangka mengedukasi dan meningkatkan keterampilan masyarakat, Stasiun Klimatologi Klas II Kalimantan Barat selenggarakan Sekolah Lapang Iklim (SLI), Rabu (6/6). Acara yang dihadiri Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II ini dilaksanakan di Kantor Balai Desa Kebong, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang.

“SLI merupakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman masyarakat, khususnya petani terhadap informasi iklim BMKG. Hal ini agar para petani dapat memahami informasi dengan baik dan benar” terang Hartanto yang berkenan memberikan sambutan dan arahan.

Acara ini diikuti oleh petani dan Pegawai Penyuluh Lapangan (PPL) pertanian dari Kabupaten Sintang.  Sebanyak 30 peserta mengikuti acara ini selama satu hari penuh.

“Kegiatan ini harapannya dapat mewujudkan petani yang cerdas dan pintar sehingga mereka bisa panen minimal dua kali dalam setahun” kata Luhur Tri Uji Prayotno, Kepala Staklim Kelas II Kalimantan Barat.

Acara ini secara seremonial dibuka pula dengan tanam perdana bersama Kepala BBMKG Wilayah II, Bupati Sintang, Kapolres, dan jajaran SKPD, serta masyarakat. Materi dalam pelatihan ini antara lain; pengenalan informasi dan unsur cuaca dan iklim, mitigasi dan adaptasi cuaca dan iklim ekstrem, budidaya tanaman Salibu, pupuk hayati, hingga metode pemupukan yang seimbang.  Selain pemaparan materi, kegiatan ini juga menerapkan metode Learning by Doing, yakni setiap peserta menyampaikan masalah yang ditemui di lapangan kepada rekan atau PPL. Nantinya, mereka akan mendapatkan dan menerapkan solusi yang efektif di lapangan terkait pertanian.

Bagikan Berita ini melalui :