Tanggal 23 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

BBMKG Wilayah II dan Desa Citepus Kolaborasi Wujudkan Masyarakat Siaga Tsunami UNESCO

BMKG Provinsi Banten > Berita > BBMKG Wilayah II dan Desa Citepus Kolaborasi Wujudkan Masyarakat Siaga Tsunami UNESCO

Daftar Isi

Dalam rangka mewujudkan Masyarakat Siaga Tsunami atau Tsunami Ready Community yang sesuai dengan indikator UNESCO, BBMKG Wilayah II dan Pemerintah Desa Citepus, Sukabumi, Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Sosialiasi Gempabumi dan Tsunami. Kegiatan yang menjadi bagian dari upaya pemenuhan 12 Indikator yang disyaratkannya ini diselenggarakan di Aula Kantor Desa Citepus, Rabu (26/7).

“BBMKG Wilayah II hadir dalam rangka pendampingan serta fasilitator bagi Desa Citepus dalam pemenuhan 12 indikator masyarakat siaga tsunami. Perlu diketahui bahwa Desa Citepus akan diajukan sebagai Masyarakat Siaga Tsunami yang akan diverifikasi di tingkat nasional oleh National Tsunami Ready Board (NTRB) selanjutnya akan diverifikasi dan kemudian dikukuhkan oleh UNESCO sebagai Masyarakat Siaga Tsunami atau Tsunami Ready Commuity tingkat Internasional” Kata Fitri Afiadi, selaku Subkor Pelayanan Jasa BBMKG Wilayah II.

Selain Fitri Afiadi, Tim BBMKG Wilayah II diwakilkan oleh Retno Yogi Wijayanti, Rendinis, dan Rudianto. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Citepus, Koswara, perangkat desa, serta seluruh anggota Kelompok DESTANA (Desa Tangguh Bencana) yg berjumlah sekitar 35 orang.

Lebih lanjut, Fitri Ariadi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan kelompok DESTANA Desa Citepus. Mereka diharapkan dapat memenuhi semua indikator yang ada untuk keperluan verifikasi.

Selain sambutan dari Fitri Afiadi, sambutan juga diberikan oleh Kepala Desa Citepus dan membuka secara resmi acara sosialisasi sekaligus menerima cenderamta dari BBMKG wilayah II. Rudianto selaku dari perwakilan BBMKG Wilayah II memberikan materi seputar gempabumi dan tsunami kepada semua peserta yang hadir.

Bagikan Berita ini melalui :