Tanggal 17 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Antisipasi Dampak Musim Hujan Tahun 2023/2024: Kepala BBMKG Wilayah II Menghadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Gelar Pasukan BPBD Kota Tangerang Selatan

BMKG Provinsi Banten > Berita > Antisipasi Dampak Musim Hujan Tahun 2023/2024: Kepala BBMKG Wilayah II Menghadiri Apel Kesiapsiagaan Bencana dan Gelar Pasukan BPBD Kota Tangerang Selatan

Daftar Isi

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-15 Kota Tangerang Selatan, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II menghadiri pelaksanakan kegiatan apel Kesiapsiagaan Bencana dan Gelar Pasukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Selatan di Lapangan Sunburst BSD, Sabtu (11/11).

Apel ini digelar untuk memastikan kesiapan seluruh pasukan dalam menghadapi potensi bencana yang akan terjadi saat peralihan musim menuju musim hujan di wilayah Tangerang Selatan. Hal ini ditegaskan oleh Drs. H. Benyamin Davnie dalam sambutannya saat memimpin kegiatan apel tersebut.

“Bahwa musim penghujan di tahun 2023 ini mengalami kemunduran. Kita mesti ingat bersama di tahun 2019 terjadi keterlambatan musim hujan, dan justru diikuti banjir besar saat memasuki tahun 2020. Untuk itu, Camat, Lurah dan para pengurus RT/RW agar bersama-sama mengantisipasi hal ini. Bisa dilakukan giat bersih-bersih saluran air,” ucapnya.

Pada kegiatan apel yang dihadiri oleh sekitar 72 perwakilan yang terdiri dari seluruh perangkat daerah, Polri, TNI, beserta relawan di Kota Tangerang Selatan, Wakil Walikota Tangerang Selatan itu mengingatkan agar dinas terkait terus siaga dalam penanggulangan bencana yang waktu kedatangannya tidak bisa diprediksi.

“Oleh karena itu perlu adanya koordinasi dan kolaborasi yang baik dalam proses pengurangan risiko bencana di Tangerang Selatan. Sebab pada hakikatnya bencana adalah urusan bersama untuk kemanusiaan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II, Hartanto, saat diwawancarai oleh media menerangkan, saat ini Provinsi Banten sedang berada pada masa peralihan musim dari musim kemarau ke musim penghujan. Tangerang Selatan sendiri diprediksi akan memasuki musim hujan pada dasarian kedua November.

“Saat ini beberapa daerah di Provinsi Banten sudah mulai mendapatkan hujan. Di masa peralihan seperti sekarang ini ada beberapa hal yang perlu diantisipasi warga. Kondisi cuaca berpotensi akan cepat berubah. Potensi hujan akan bervariasi dari sedang sampai dengan lebat. Durasi memang tidak terlalu lama, tetapi banyak disertai petir dan angin kencang. Ini tentunya menjadi perhatian warga untuk tetap berhati-hati,” ujaranya.

Menanggapi hal tersebut, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II sebagai instansi penyedia informasi terkait cuaca di Povinsi Banten juga telah melakukan langkah antisipasi yaitu menyebarluaskan informasi prakiraan cuaca maupun peringatan dini cuaca khusunya di Kota Tangerang Selatan. Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II juga telah mempersiapakan para pegawainya untuk lebih siap dan tanggap dalam menyebarluaskan informasi peringatan dini agar masyarakat dan pemerintah mampu melakukan aksi dini untuk mengurangi dampak Bencana Hidrometeorologi.

Bagikan Berita ini melalui :