Tanggal 24 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

KATANYA MUSIM KEMARAU, KOK MASIH SAJA HUJAN?

BMKG Provinsi Banten > Siaran Pers > KATANYA MUSIM KEMARAU, KOK MASIH SAJA HUJAN?

Daftar Isi

SIARAN PERS

KATANYA MUSIM KEMARAU, KOK MASIH SAJA HUJAN?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan puncak musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi di Bulan Juli dan Agustus 2024. Namun demikian, diketahui hujan masih sering terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

Beberapa hari yang lalu hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang masih terjadi di wilayah Provinsi Banten khususnya di wilayah Kota Tangerang Selatan. Menindaklanjuti kondisi tersebut, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II memonitor perkembangan kondisi cuaca yang dapat berpotensi terjadinya cuaca ekstrem berupa peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah Provinsi Banten.

DINAMIKA ATMOSFER
Beberapa fenomena atmosfer yang terpantau cukup signifikan dan dapat memicu peningkatan curah hujan di wilayah Provinsi Banten antara lain:

  • Adanya aktivitas Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial yang memicu potensi peningkatan awan hujan.
  • Aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di sekitar wilayah Indonesia bagian barat turut memicu potensi peningkatan awan hujan di wilayah Banten.
  • Suhu muka laut yang hangat juga berkontribusi dalam pertumbuhan awan hujan di wilayah Banten.

 

POTENSI CUACA TIGA HARI KEDEPAN
Berdasarkan analisis potensi dinamika atmosfer di atas, sebagian wilayah yang perlu diwaspadai untuk potensi Hujan Sedang-Lebat di wilayah Provinsi Banten.

Periode 06 – 08 April 2024

  • Kab. Pandeglang bagian Utara dan Barat
  • Kab. Lebak bagian Utara dan Timur
  • Kab. Tangerang bagian Barat
  • Kota Tangerang
  • Kota Tangerang Selatan

 

REKOMENDASI
BMKG menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga tiga hari kedepan.

Informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca yang lebih detail untuk potensi hujan lebat hingga level kecamatan dapat diakses lebih lengkap di apps @InfoBMKG, website https://bbmkg2.bmkg.go.id, dan media sosial @bmkgwilayah2.

 

Tangerang Selatan, 06 Juli 2024
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II

HARTANTO, ST, MM

Bagikan Siaran Pers ini melalui :