Tanggal 23 Juli 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana: BBMKG Wilayah II Selenggarakan Seminar Informasi Cuaca, Iklim, Gempabumi, dan Tsunami Ramah Disabilitas

BMKG Provinsi Banten > Berita > Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana: BBMKG Wilayah II Selenggarakan Seminar Informasi Cuaca, Iklim, Gempabumi, dan Tsunami Ramah Disabilitas

Daftar Isi

Pada Peringatan Hari Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ke 76, Balai Besar MKG Wilayah II Tangerang Selatan menyelenggarakan Seminar Hari MKG Ke-76 Tahun 2023 dengan tema “Informasi Cuaca, Iklim, Gempabumi, dan Tsunami Ramah Disabilitas” di Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,Tangerang Selatan pada Kamis, 20 Juli 2023.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati. “Saat ini BMKG belum memiliki akses informasi yang ramah bagi penyandang disabilitas. Namun, dengan adanya seminar ini dapat menjadi momentum bagi BMKG untuk menghadirkan informasi meterologi, klimatologi dan geofisika yang mudah dipahami dan diakses bagi kelompok disabilitas sehingga dapat membantu dan memaksimalkan mitigasi bencana di masyarakat”, ujar Dwikorita.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah II, Hartanto, menambahkan seminar ini bertujuan agar informasi dari BMKG termasuk Balai Besar MKG Wilayah II, dapat dipahami oleh para penyandang disabilitas sehingga pada saat terjadi bencana dan mitigasi bencana, teman-teman disabilitas mempunyai hak yang sama.

Seminar ini diaksanakan secara hybrid (offline dam online) dengan menghadirkan Angkie Yudistia, selaku Staf Khusus Presiden Republik Indonesia bidang Sosial. Beliau mengapresiasi upaya BMKG dalam menyampaikan informasi kepada kelompok disabilitas. Beliau berharap, melalui seminar ini pihak-pihak terkait agar dapat memberikan kemudahan akses utamanya informasi kebencanaan berbasis digital. Sehingga informasi dapat tersampaikan secara maksimal dan dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari fenomena terjadinya bencana” ujar Angkie, yang juga merupakan penyandang Disabilitas Rungu.

Kegiatan seminar ini melibatkan Pusat Kajian dan Layanan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Center for Student with Special Needs – CSSN) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dan Advokasi Inklusi Disabilitas (AUDISI) dan diikuti oleh sekitar 110 orang yang hadir secara luring dan 270 peserta hadir secara daring. Sebagian besar adalah penyandang disabilitas dan satuan kerja unit pelaksana teknis di bawah koordinasi BBMKG Wilayah II dari 12 Provinsi. Turut hadir sebagai Narasumber dalam seminar ini, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Banten, Asep Mulya Hidayat dan Founder Yayasan Difapedia, Mukhanif Yasin Yusuf

Dalam rangkaian kegiatan Seminar Hari MKG Ke-76 Tahun 2023, BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan juga mengadakan peluncuran buku terkait akses informasi MKG bagi kelompok rentan dan penyandang disabilitas yang ditulis oleh 9 penulis dari Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II serta melakukan Uji Aksesibilitas Layanan MKG bagi penyandang disabilitas, khususnya media Website dan Sosial Media yang dimiliki BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan.

Bagikan Berita ini melalui :