Tanggal 18 Oktober 2024
Waktu Standar Indonesia
BMKG Provinsi Banten
Cepat, Akurat, dan Mudah Dipahami

PENANDATANGAN PKS ANTARA BBMKG WILAYAH II DENGAN POLDA BANTEN

BMKG Provinsi Banten > Berita > PENANDATANGAN PKS ANTARA BBMKG WILAYAH II DENGAN POLDA BANTEN

Daftar Isi

Acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kepolisian Daerah Banten dengan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II Tangerang Selatan dilaksanakan pada hari Selasa, 24 September 2024 di Ruang Maung Lounge Polda Banten. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dihadiri oleh IRJENPOL Suyudi Ario Seto, S.H., S.I.K., M.Si selaku Kapolda Banten beserta jajarannya, Hartanto, ST., M.M selaku Kepala BBMKG Wilayah II didampingi beserta staf, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Merak Serang, dan Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Banten.

Acara diawali dengan Sambutan kepala BBMKG Wilayah II, dilanjutkan dengan sambutan Kapolda Banten, dan Penandatanganan perjanjian kerja sama. Adapun ruang lingkup kerja sama ini, meliputi 4 bagian yaitu: pertukaran dan pemanfaatan data dan/atau informasi di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika; bantuan pengamanan; peningkatan kapasitas dan pemanfaatan sumber daya manusia, dalam hal ini adalah dengan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pelatihan, workshop, seminar, diskusi kelompok terpumpun termasuk peningkatan pengetahuan/wawasan meteorologi, klimatologi dan geofisika; serta pemanfaatan sarana dan prasarana.

Acara penutup membahas terkait usul persiapan kesiapsiagaan bencana yang melibatkan semua pemangku kebijakan seperti POLRI, BMKG, BPBD, dan organisasi masyarakat setempat. Kesiapsiagaan bencana meliputi sosialisasi mitigasi bencana, informasi terkait bencana (gempabumi, tsunami), inventarisasi peralatan penunjang seperti perahu karet, excavator, dan sebagainya.

Bagikan Berita ini melalui :